KEPALA BP PAUD DAN DIKMAS SUMBAR BUKA WORKSHOP HOLISTIK INTEGRATIF

Pariaman,----. Kepala Balai Pengembangan Pendidikan Anak Usia Dini dan Pendidikan Masyarakat Sumatera Barat, Drs. Affrizal Muchtar, M.Pd mengatakan, tahun 2019 ini ada 8 kegiatan workshop yang dilaksanakan oleh BP PAUD dan Dikmas Sumatera Barat, dan workshop sekarang adalah untuk tingkat guru Taman Kanak Kanak, dan kami sangat menyambut baik dan memberikan apresiasi tinggi atas terselenggaranya kegiatan Workshop guru Taman Kanak Kanak terhadap penerapan program Holistik Integratif yang saat ini telah ada dilaksanakan di seluruh Indonesia. Dan mengucapkan selamat datang kepada semua peserta dari 19 Kabupaten/Kota Se Sumbar yang berjumlah 40 orang peserta.

Kita ketahui bersama program holistik Integratif adalah penanganan anak usia dini secara utuh (menyeluruh) yang mencakup layanan gizi dan kesehatan, pendidikan dan pengasuhan dan perlindungan, untuk mengoptimalkan semua aspek perkembangan ditingkat masyarakat, pemerintah daerah dan pemerintah pusat.

Dengan tujuan secara umum adalah terselenggaranya layanan pengemangan anak usia dini holistik integratif menuju terwujudnya anak Indonesia yang sehat, cerdas, ceria dan berakhlak mulia.

Sedangkan tujuan secara khusus adalah

1. Terpenuhinya kebutuhan esensial anak usia dini

2. Terlindungnya anak dari segala bentuk kekerasan, penelantaran, perlakuan yang salah dan eksploitasi dimanaun anak berada.

3. Terselenggaranya pelayanan anak usia dini secara terintegrasi dan selaras antar lembaga layanan terkait, sesuai kondisi wilayah dan

4. Terwujudnya komitmen seluruh unsur terkait yaitu orang tua, keluarga, masyarakat, pemerintah.

Dibagian lain dikatakan, saat ini tenaga pamong belajar yang ada di BP PAUD dan Dikmas Sumbar sedang melakukan pengembangan model pembelajaran sebagai tupoksi dan kinerja pamong belajar yang sebentar lagi akan berubah tugas fungsi sebagai widyaprada.

"Kita berharap nanti program program yang ada selalu bersinergi dengan para lembaga mitra BP PAUD dan Dikmas Sumbar,"terangnya

BP PAUD dan Dikmas Sumatera Barat memberikan pelayanan dan perhatian yang sama organisasi mitra seperti IGTKI, HIMPAUDI, PKBM, LKP dan lain lain. Pada tahun anggaran 2019 ini telah dialokasikan anggaran dari pusat untuk peningkatan mutu dan kelembagaan yang ada Provinsi Sumatera Barat untuk berbagai kegiatan seperti PKW, PKK, Tutor bantu pengembangan SDM yang selalu ditingkatkan. Hal ini sejalan dengan tugas pokok dan fungsi BP PAUD dan DIKMAS Sumatera Barat yaitu melaksanakan dan program Kemendikbud RI pada bidang PAUD dan DIKMAS.

"Kita berharap dengan workshop guru TK se Sumbar, akan melahirkan ide dan inovasi untuk kecerdasan anak TK, dalam rangka menuju usia emas 2045 mendatang,"tutup Affrizal

Sementara itu Ketua Panitia Atos Indria menyebutkan, jumlah peserta yang mengikuti workshop guru taman kanak kanak sebanyak 40 orang yang berasal dari 19 kab/kota Se Sumatera Barat, dan akan mengikuti workshop dari tanggal 24 Maret hingga 28 Maret 2019 mendatang. Atos