TAHUN 2019 BP PAUD DAN DIKMAS SUMBAR MULAI TERAPKAN ZI WBK

Mulai tahun 2019 ini, BP PAUD dan Dikmas Sumatera Barat akan melaksanakan Zona Integritas menuju Wilayah Bebas Korupsi (ZI WBK).

Hal ini ditegaskan oleh Kepala BP PAUD dan Dikmas Sumbar Drs. Affrizal Muchtar,M.Pd kepada seluruh ASN dan Non ASN dilingkungan BP PAUD dan Dikmas Sumbar belum lama ini di Pariaman.

Menurut Affrizal, sudah saatnya instansi yang dipimpinnya melakukan perubahan pola kerja maupun budaya kerja yang mengacu kepada Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Republik Indonesia Nomor 52 Tahun 2014, tentang Pedoman Pembangunan Zona Integritas Menuju Wilayah Bebas dari Korupsi dan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani di Lingkungan Instansi Pemerintah sebagai dasar hukum.

Karena itu dibutuhkan saling komitmen bersama dalam mensukseskan Zona Integritas menuju Wilayah Bebas Korupsi di instansi dibawah Direktorat PAUD dan Dikmas Kemendikbud RI.

Sebagai ASN tambahnya, perlu tanggung jawab yang besar dalam bekerja dan memberikan pelayanan prima kepada masyarakat.

Sekaitan dengan telah dimulainya ZI WBK di BP PAUD dan Dikmas, dia meminta aparatur sipil Negara harus berhati hati dalam melaksanakan kinerja, jangan sampai merugikan apalagi tersangkut dengan kasus korupsi.



Dalam melaksanakan tugas, pihaknya selalu menghimbau agar selalu melakukan uraian tugas dan fungsi, termasuk Penegakan aturan disiplin serta Kode Etik dan Kode Perilaku Pegawai.



Dengan sistem ZI WBK, dia optimis para ASN akan diselamatkan dengan kinerja dalam memberikan rasa aman dan takut bertindak lebih jauh seperti melakukan praktek korupsi dan sebagainya.



Kendati ini baru pertama kali dilakukan, maka sudah sepatutnya para ASN lebih mendisiplinkan diri, termasuk dengan membuat rencana kerja maupun target target yang di capai ditahun 2019 ini.



Secara terpisah Kasubag Umum BP PAUD dan Dikmas Sumbar Firmansyah,S.Pd mengingatkan dalam zona integritas menuju wilayah bebas korupsi itu keuntungan akan dirasakan oleh setiap ASN dalam melakukan kinerja. Salah satunya akan menaikkan tunjangan kinerja yang kini telah diberikan kepada semua ASN yang besarnya 80%.



Satu satunya BP PAUD dan Dikmas di Indonesia yang telah menerapkan ZI WBK adalah BP PAUD dan Dikmas Jawa Timur. Untuk menuju itu tidak mudah, dibutuhkan komitmen bersama dan rasa tanggung jawab dalam melaksanakan tugas, apalagi pola kerja yang dibebankan adalah pola kerja kementerian, karena BP PAUD dan Dikmas sejak Januari 2017 beralih fungsi menjadi UPT Pusat yang sebelumnya dibawah naungan Dinas pendidikan propinsi Sumatera Barat. (tos)