Validasi Judul Model bidang Pendidikan Anak Usia Dini di BP PAUD dan Dikmas Sumatera Barat

Pariaman - 29 Juli 2020 - Kelompok Kerja Pengembangan Model Pendidikan Anak Usia Dini BP PAUD dan Dikmas Sumatera Barat, mengikuti kegiatan Validasi Judul Model bidang Pendidikan Anak Usia Dini di BP PAUD dan Dikmas Sumatera Barat, via Zoom Meeting. 

Terdapat tiga judul model yang sedang dalam proses validasi, yaitu “Model Pembelajaran Kreatif dan Komunikatif Melalui Kecakapan Hidup sebagau Upaya Kesiapan Masuk SD”, “Model Pembelajaran Play-Based Learning Kolaborasi Pendidik dengan Orang Tua untuk Meningkatkan Kesiapan Bersekolah Anak Usia Dini 5-6 Tahun”, juga “Mitigasi Bencana Covid-19 Bagi Anak Usia Dini Melalui Audio Visual Animasi”. Hadir dari Direktorat Pendidikan Anak Usia Dini, Khairullah dan Arya Ahmad yang menjadi Tim Validasi.

Tim Pengembangan model yang terdiri dari Pamong Belajar di BP PAUD dan Dikmas Sumatera Barat memaparkan hasil eksplorasi dan FGD yang telah mereka laksanakan dalam penyusunan model tersebut. Tim Akademisi dan Substansi yang menjadi bagian dalam penyusunan model ini antara lain adalah Dr. Nur Azizah, M.Pd, Dr. Ernita Arif, M.Pd, Syahrul Ismet, S.Ag, M.Pd, Prof. Dr. Jamaris, M.Pd, dan Didik Wahyudi, M.Pd. 

Model kelompok kerja Kesetaraan, sebelumnya sudah terlebih dahulu melewati proses validasi judul, dengan dua judul Model; “Pengembangan Literasi Berbasis Pendekatan Realistik Mata Pelajaran Matematika pada Paket B Kelas VIII”  dan “Model Pembelajaran dengan Pendekatan Saintifik pada Mata pelajaran PPKN Paket B Kelas VIII”. Dengan ini, terdapat lima judul model yang akan dikembangkan oleh BP PAUD dan Dikmas Sumatera Barat.