Workshop Hasil MONEV DAK Tahun 2019

          Direktorat Jenderal PAUD dan Dikmas Kemendikbud pada tahun 2019 mengalokasikan DAK (Dana Anggaran Khusus) Non Fisik BOP PAUD sebesar Rp.4.475.500.200.000; DAK Non Fisik BOP Kesetaraan sebesar Rp.1.546.225.000.000; DAK Fisik untuk TK Negeri sebesar Rp.212.370.835.000 dan DAK Fisik untuk Sanggar Kegiatan Belajar (SKB) sebesar Rp.380.821.342.000 ke seluruh Kabupaten/kota. Dukungan DAK ini bertujuan untuk mewujudkan Tujuan Pemerintah dalam meningkatkan SDM Indonesia sesuai Program Prioritas Presiden tahun 2020-2024 dengan slogan SDM Unggul Indonesia Maju.

          Dalam upaya untuk mengetahui tingkat efektifitas pengelolaan anggaran tersebut, maka Tim Monitoring Evaluasi Dana Alokasi Khusus (Monev DAK) Ditjen PAUD dan Dikmas Kemendikbud telah melakukan Monev di seluruh Indonesia,berkoordinasi secara bersama agar eksekusi DAK tersebut berjalan optimal. Terkait hal tersebut, Ditjen PAUD dan Dikmas melaksanakan workshop di 27 provinsi di seluruh Indonesia untuk menjelaskan hasil Monev DAK (Fisik dan Non Fisik) sekaligus memecahkan masalah dan membantu memperlancar eksekusi DAK di Kabupaten/Kota. Workshop Hasil Pelaksanaan Monev DAK (Fisik dan Non Fisik) PAUD dan Dikmas tahun 2019 ini berlangsung selama tiga hari dalam rentang waktu 6 s.d 24 Oktober 2019.

        Untuk wilayah Sumatera Barat, Workshop Hasil Pelaksanaan Monev DAK (Fisik dan Non Fisik) tahun 2019 ini diadakan di Balai Pengembangan PAUD dan Dikmas Sumatera Barat, dengan tujuan untuk menjelaskan hasil monev DAK sekaligus memecahkan masalah dan menekan terjadinya penyelewengan eksekusi DAK di Kabupaten/Kota. Acara ini dihadiri oleh 38 peserta yang terdiri dari Kepala Dinas Pendidikan dan Inspektur Wilayah dari 19 Kabupaten dan Kota se Sumatera Barat. Narasumber yang hadir berasal dari anggota Tim Teknis Monev DAK (Fisik dan Non Fisik) Ditjen PAUD dan Dikmas, Kepolisian Daerah (Polda) dan Kejaksaan Tinggi (Kejati). Acara yang berlangsung pada tanggal 10 Oktober 2019 ini bertempat di Aula Mini BP PAUD dan Dikmas Sumatera Barat Jl. Dewi Sartika Rawang, Pariaman.

         Acara diawali dengan pembukaan serta penyampaian materi mengenai "peran serta UPT dalam Monev DAK Fisik dan Non Fisik PAUD dan Dikmas" yang disampaikan oleh Drs. H. Affrizal Muchtar, M.Pd selaku kepada UPT BP PAUD dan Dikmas Sumatera Barat. Dilanjutkan pemaparan mengenai Hasil Pelaksanaan Monev DAK Fisik dan Non Fisik melalui aplikasi e-monev oleh Tim Teknis Monev DAK Ditjen PAUD dan Dikmas Kemendikbud yang dalam hal ini disampaikan oleh Prof. Zainal A. Hasibuan Ph.D. Selanjutnya dipaparkan materi dari Kejaksaan Tinggi dengan tema "Tugas Pengawalan Pengamanan Pemerintahan dan Pembangunan Daerah dalam Bidang Pendidikan Menuju SDM Unggul Indonesia Maju"