Gebyar Lomba Peringatan Hardiknas di BP PAUD dan Dikmas Sumatera Barat

Pariaman------ Puncak peringatan Hari Pendidikan Nasional yang dilaksanakan oleh BP PAUD dan Dikmas Sumatera Barat berlangsung penuh khidmat. Bertindak sebagai pembina upacara Kepala BP PAUD dan Dikmas Drs. Affrizal Muchtar,M.Pd.

Dalam pelaksanaan Hardiknas yang dilaksanakan setiap tanggal 2 Mei itu,  diikuti oleh seluruh jajaran ASN BP PAUD dan Dikmas Sumbar, BANP Sumatera Barat, juga 40 orang penilik se-Sumatera Barat yang secara kebetulan tengah mengikuti workshop penilik ikut serta dalam barisan. Affrizal Muchtar menyatakan, momentum Hardiknas kali ini merupakan kilas sejarah lahirnya Kihajar Dewantara yang diperingati sebagai Hardiknas tiap tahunnya.

Tampilnya barisan ASN BP PAUD dan Dikmas Sumbar dengan pakaian adat istiadat menambah semaraknya pelaksanaan upacara  dibawah teriknya matahari yang menyenari kota Pariaman.

Masih dalam rangka memperingati Hari Pendidikan Nasional, BP PAUD dan Dikmas Sumatera Barat juga mengadakan berbagai rangkaian lomba bagi kalangan internal serta PAUD dan Dikmas di wilayah Kabupaten Padang Pariaman. Perlombaan ini diadakan pada tanggal 1 Mei 2019 lalu.

Rangkaian lomba yang telah diadakan antara lain lomba mewarnai dan melukis bagi peserta didik PAUD, diikuti oleh 146 anak serta lomba mendongeng bagi pendidik PAUD yang diikuti 10 peserta dari PAUD se-Kabupaten Padang Pariaman. Selain perlombaan tersebut, berbagai rangkaian lomba juga diikuti oleh seluruh staf dan pimpinan di lingkungan BP PAUD Sumatera Barat, antara lain Lomba Baca Puisi, lomba karaoke, lomba tenis meja, dan lomba membuat teh telur.

Juara 1 lomba mewarnai dan melukis dimenangkan oleh Filan dari TK Santok Kota Pariaman, juara 2 dimenangkan oleh Naufal Putra dari TK Tunas Mekar dan juara ketiga dimenangkan oleh Ahmad Zhillan dari TK Bina Insani. Juara keempat dan kelima berturut-turut dimenangkan oleh Nuri Ramadani dari TK Bunga Tanjung dan Nazwa dari TK Kartika.

Sedangkan untuk cabang Lomba Mendongeng bagi Pengajar PAUD, juara 1 dimenangkan oleh Darni dari Kab. Padang Pariaman, juara 2 dimenangkan Fitri Anne Maretta dari kota Pariaman, dan juara 3 dimenangkan oleh Irini Gusnita dari kota Pariaman. Affrizal Muchtar, selaku kepala UPT BP PAUD dan Pendidikan Masyarakat Sumatera Barat memberikan langsung hadiah kepada pemenang, yang didukung oleh Bank Rakyat Indonesia kantor cabang Pariaman selaku sponsor.

“Rencananya, agenda ini akan menjadi agenda rutin dalam rangka menyemarakkan hari pendidikan, selain juga untuk mempererat silaturrahmi antar pimpinan dan staf di lingkungan BP Paud Dikmas Sumatera Barat,” ungkap Atos Indria, Sekretaris Panitia dalam Gebyar Kegiatan Lomba Peringatan Hardiknas di BP PAUD dan Dikmas Sumatera Barat. (Atos, Bayu)