KEPALA BP PAUD DAN DIKMAS SUMBAR BUKA TPPA

Pariaman,----Peningkatan Pendidikan Anak Usia Dini dan Pendidikan Masyarakat, terus menerus dilakukan dengan salah satunya, melakukan pengujian tingkat pencapaian perkembangan anak (TPPA) usia 5-6 Tahun dengan memberikan instrumen kepada kepada para pendidik PAUD Selasa (14/5) di BP PAUD dan Dikmas Sumatera Barat.
Kepala BP PAUD dan Dikmas Sumatera Barat Affrizal Muchtar di sela sela menjalan ibadah puasa di bulan Ramadan ini, membuka kegiatan tersebut dihadapan peserta yang berasal dari kabupaten/kota se Sumbar.
Dia menyebutkan, sudah saatnya anak PAUD atau Taman Kanak Kanak tidak berikan lagi pembelajaran calistung di sekolah, karena cukup diberikan pemahaman dan pengenalan angka dan huruf kepada usia PAUD. Pasalnya ini akan menjadikan anak PAUD akan merasa jenuh nantinya jika mereka telah menuju pendidikan dasar, apalagi pelajaran calistung itu sudah murni dilakukan pada pendidikan dasar.
Melalui kegiatan tingkat pencapaian perkembangan anak, diharapkan hasilnya betul betul valid tidak ada dibuat secara asal asalan, karena ini nantinya akan dipakai untuk seluruh PAUD di Indonesia.
"Keberhasilan dan tolak ukur dari TPPA ini akan berhasil apabila pendidik serius dalam pengisian intrumen,"terang Affrizal.
Sementara itu Ketua pelaksana TPPA Elmizar menyebutkan, kegiatan ini merupakan salah satu program dari direktorat pembinaan PAUD Kemendikbud RI, dimana ini adalah uji coba yang dilakukan sebelumnya dan merupakan model yang nantinya akan dikembangkan ke setiap PAUD atau sejenisnya. Salah satunya adalah implementasi dari pelaksanaan kurikulum 13 untuk PAUD, dan ini nantinya dipakai kepada semua jenjang PAUD di Indonesia.
Kegiatan tersebut langsung dipandu oleh tim pengembang model yang berasal dari direktorat pembinaan PAUD dan Universitas Negeri Jakarta dan BP PAUD dan Dikmas Sumatera Barat.(atos)