Sosialisasi Aplikasi E-Monev DAK di Balai Pengembangan PAUD dan Dikmas Sumatera Barat

Pariaman, Selasa 28/5 – Menindaklanjuti instruksi Direktur Jenderal dan Sekretaris Direktur Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini dan Pendidikan Masyarakat terkait pelaksanaan monitoring dan evaluasi (monev) Dana Alokasi Khusus (DAK), Dr. Didik Tri Yuwono, selaku Staff Khusus Dirjen PAUD dan Dikmas, didampingi oleh Kepala Balai Pengembangan PAUD dan Dikmas Sumatera Barat, hadir menjadi narasumber dalam kegiatan Sosialisasi Aplikasi E-Monev PAUD Dikmas.

Aplikasi E-Monev DAK PAUD Dikmas ini merupakan salah satu bentuk percepatan sistem teknologi informasi yang dijalankan oleh Dirjen PAUD dan Dikmas, diantara berbagai aplikasi lainnya seperti E-Office, SISPENA, dll. “UPT diminta ikut berpartisipasi dalam pelaksanaan monev DAK, karena selama ini dana DAK yang disalurkan dari pusat ke daerah masih kurang. Diharapkan pelibatan UPT mampu mengatasi permasalahan tersebut sehingga lebih banyak sasaran yang bisa dijangkau.” ungkap Didik.

Hingga saat ini uji coba aplikasi e-Monev DAK PAUD Dikmas untuk wilayah Sumatera Barat baru diadakan di Kabupaten Padang Pariaman. Rencananya, aplikasi ini akan disempurnakan setelah Idul Fitri, untuk kemudian diaplikasikan secara massal diseluruh Unit Pelaksana Teknis (UPT) nantinya,  yaitu 8 UPT lama dan 21 UPT baru. Selain sosialisasi, pada kegiatan ini, para peserta yang merupakan seluruh staf dan pimpinan BP PAUD dan Dikmas Sumatera Barat langsung mengunduh dan menjalankan simulasi penggunaan aplikasi E-Monev DAK ini.