ARSIP SEJARAH DIRI YANG TAK BOLEH HILANG

Pariaman. Masalah arsip saat ini banyak terabaikan, sudah waktunya setiap ASN untuk kembali tertib dalam kearsiapan, apalagi ini menyangkut diri. Demikian dikatakan Biro SDM Kemendikbud RI Dra. Darmawati saat memberikan masukan dalam kunjungan kerjanya di BP PAUD dan Dikmas Sumatera Barat minggu lalu.

Disebutkan, arsip adalah bagian dari tujuan sejarah dari setiap ASN, karena tergambar jelas rekam jejak mulai diangkat sebagai CPNS dan PNS, apalagi Kemendikbud telah mewarning pentingnya setiap ASN untuk melakukan kearsipan, apalagi ini ada kaitan dengan diri ASN itu sendiri.

Dalam kunjungan kerja satu hari, dia melihat langsung tata kelola kearsiapan yang dilakukan oleh staf penangung jawab bidang ke arsipan BP PAUD dan Dikmas Sumatera Barat.

Dirinya berharap, tata kelola kearsipan itu harus dilakukan dengan baik, karena semua bentuk tugas dan pekerjaan akan dapat dilihat melalui file, sehingga jika dibutuhkan sewaktu waktu akan memudahkan dalam pengurusan seperti kenaikan pangkat, memasuki pensiunan dan sebagainya.

Karena itu arsip sama dengan sejarah diri yang dapat diketahui melalui arsip masing masing ASN. Kegiatan itu sendiri diikuti oleh semua ASN dan non ASN BP PAUD dan Dikmas Sumatera Barat, dan juga dilakukan sesi diskusi dan tanya jawab, yang dipimpin oleh Kasubag Umum Firmasyah, S.Pd yang didampingi oleh KAsi Program dan SDM Drs. Madrian.

Oleh karena itu setiap ASN wajib memiliki arsip dan sekiranya ada pemeriksaan oleh tim, yang bersangkutan sudah siap dengan arsip diri yang lengkap, pungkas Darmawati asal Tiku Sumbar mengakhiri. (tos)